Bagaimana Suara Pada Game Bekerja?
Kita bermain game, waktu demi waktu, tapi tahukah kalian bagaimana semua itu bekerja, semua yang tampil di layar monitor PC yang kita gunakan, maksud saya adalah bukan bagaimana cara bekerja semuanya, Tapi lebih spesifik, yaitu suara atau bisa disebut sound, yaitu sound effect yang ada di game, baik itu sound effect, background music, bahkan desain seni musik yang digunakan, yang dimaksud desain seni musik adalah contohnya bagaimana sebuah background musik pada game berubah ubah setiap waktu ketika kita memainkannya, dari adegan intense berubah menjadi musik intense atau ketika adegan yang tidak begitu memerlukan energi musik berjalan santai. Masih banyak lagi contoh lainnya, jadi marik kita mulai!
Pertama dan awal dari semua sound yang ada di game adalah semua itu dibuat. Maksud disini di buat adalah, rata – rata developer game membuat sound effect yang ada dari dunia nyata. Seperti suara senjata pada game akan dilakukan perekeman suara senjata di dunia nyata sesua model jenis yang sama tetapi bukan berarti sama juga untuk hal yang lain.
Tidak mungkin kan kita memukul seseorang hanya untuk mendapatkan effect suara memukul, haha
Jadii untuk effect suara pukulan dapat digantikan denga cara lain seperti menaruh sayur sawi di dalam gulungan handuk dan memukulnya, suaranya cukup untuk memberikan effect suara pukulan pada game, dan seperti itu juga untuk membuat sebuah effect sound lainnya pada game.
Oke…. Jadi sound game sudah kita rekam, selanjutnya kita masuk ke sound editor dan melakukan coding
Rata rata sound game yang ada tidak akan langsung digunakan pada game, tetapi melewati proses editing terlebih dahulu, ini penting karena untuk menyesuaikan detail efek suara pada game yang ada. Setelah melalui berbagai proses akhirnya sound effect sudah siap di gunakan pada game.
Developer game akan memulai melalukan coding game seperti biasanya dengan memproses sound effect yang telah di buat, caranya sederhana saja, yaitu dengan menggunakan algoritma pada bahasa pemrograman seperti biasanya seperti c#, java atau bahasa pemrograman yang lain, yang digunakan pada game, contohnya adalah seperti ketika menembakan senjata pada game maka algoritma sederhananya adalah sound effect suara senjata yang berformat .wav atau .mp3 bahkan format lainnya akan diputar pada game di saat game yang berjalan menembakkan senjata, entah itu dari player yang memainkan atau dari ai/npc, maka dengan bahasa pemrograman yang telah di buat sound effect suara senjata akan terputar setiap kali terjadi algoritma menembak. Walaupun algoritma pada bahasa pemrograman pada game tidak sesederhana yang dijelaskan saya sebelumnya tetapi setidaknya seperti itulah gambaran proses yang terjadi.
Btw jika kalian tertarik dengan bagaimana sound effect dibuat dan bagaimana prosesnya kalian bisa cari ‘Foley’ di search engine kalian, bukan hanya ada pada game tetapi juga bagaimana sound effect dibuat untuk movies.
mungkin kalian ada yang masih ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan comment dibawah, kami sangat antusias membaca comment kalian. 🙂
Komentar