Epic Games Memutuskan PHK Sebanyak 16% Karyawan

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Epic Games Memutuskan PHK Sebanyak 16% Karyawan

Sebisa mungkin sebuah perusahaan akan melakukan upaya untuk berdiri, meskipun harus terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap karyawan. Hal ini baru saja terjadi pada Epic Games, perusahaan dibalik Unreal Engine dan Fortnite.

Informasi datang dari Bloomberg, dimana Epic Games telah melakukan PHK sebanyak 16% atau 830 karyawan. Mereka juga melakukan divestasi untuk platform layanan musik Bandcamp, dan akan memisahkan sebagian besar SuperAwesome, sebuah perusahaan teknologi yang aman bagi anak-anak. Keduanya diakusisi oleh Epic pada tahun 2020 dan 2022, imbasnya 250 harus terpaksa dilepaskan. Tim Sweeney selaku CEO mengirimkan memo kepada para staff perihal PHK yang dilakukan perusahaan di postingan blog terbaru Epic tertuliskan:

“Halo semuanya,

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, kami memberhentikan sekitar 16% karyawan Epic. Kami mendivestasi Bandcamp dan memisahkan sebagian besar SuperAwesome.

Untuk sementara ini, kami telah menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kami peroleh, berinvestasi dalam evolusi Epic berikutnya dan mengembangkan Fortnite sebagai ekosistem yang terinspirasi oleh metaverse bagi para pembuat konten. Saya sudah lama optimis bahwa kita dapat melewati transisi ini tanpa PHK, namun jika dipikir-pikir, saya melihat hal ini tidak realistis.

Meskipun Fortnite mulai tumbuh lagi, pertumbuhan ini terutama didorong oleh konten kreator dengan bagi hasil yang signifikan, dan ini adalah bisnis dengan margin lebih rendah dibandingkan saat Fortnite Battle Royale diluncurkan dan mulai mendanai ekspansi kami. Kesuksesan ekosistem kreator merupakan pencapaian yang luar biasa, namun hal ini berarti perubahan struktural yang besar terhadap perekonomian kita.

Orang-orang Epic di seluruh dunia telah melakukan upaya berkelanjutan untuk mengurangi biaya, termasuk beralih ke perekrutan net zero dan memotong pengeluaran operasional untuk hal-hal seperti pemasaran dan acara. Namun kita masih jauh dari keberlanjutan finansial. Kami menyimpulkan bahwa PHK adalah satu-satunya cara, dan melakukan PHK saat ini dan dalam skala sebesar ini akan menstabilkan keuangan kami.

Kami juga melakukan divestasi. Bandcamp bergabung dengan Songtradr, sebuah perusahaan pasar musik yang mendukung artis. Bisnis periklanan SuperAwesome akan menjadi perusahaan independen di bawah merek SuperAwesome, dipimpin oleh CEO mereka saat ini Kate O’Loughlin. Kids Web Services (KWS), perangkat verifikasi orang tua dan manajemen persetujuan, akan tetap menjadi bagian dari Epic.

Mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang yang telah membantu membangun Epic adalah pengalaman buruk bagi semua orang. Kompesasinya adalah kami memiliki cukup dana untuk mendukung karyawan yang diberhentikan: kami menawarkan paket pesangon yang mencakup gaji pokok enam bulan dan di AS/Kanada/Brasil layanan kesehatan berbayar Epic selama enam bulan. Kami menawarkan untuk mempercepat jadwal vesting opsi saham masyarakat hingga akhir tahun 2024 dan memberikan waktu tambahan dua tahun mulai hari ini untuk melaksanakan opsi tersebut. Di AS, kami juga menawarkan untuk memberikan bagi hasil yang belum merupakan pendapatan dari 401k mereka. Dan kami akan memberikan manfaat termasuk layanan transisi karier dan dukungan visa jika kami bisa.

Bagi mereka yang masih berada di Epic, Anda akan mendengar lebih banyak dari para pemimpin senior tentang masa depan tim Anda. Prospek Epic di masa depan sangat kuat. Kami memiliki pengalaman bermain yang luar biasa di berbagai platform. Kami telah membangun mesin terbaik di dunia, dan akan menjadi tuan rumah Unreal Fest minggu depan untuk menyatukan komunitas dan menyoroti hal-hal yang mereka bangun dengan Unreal Engine dan UEFN. Para pembuat konten mencari nafkah untuk ekosistem Fortnite, dengan waktu bermain game pihak ketiga kini melebihi waktu bermain game pihak pertama.

Kami memangkas biaya tanpa menghentikan pengembangan atau lini bisnis inti kami sehingga kami dapat terus fokus pada rencana ambisius kami. Sekitar dua pertiga dari PHK terjadi pada tim di luar pengembangan inti. Beberapa produk dan inisiatif kami akan mendarat sesuai jadwal, dan beberapa mungkin tidak dikirimkan sesuai rencana karena kekurangan sumber daya untuk saat ini. Kami setuju dengan pengorbanan jadwal jika itu berarti mempertahankan kemampuan kami untuk mencapai tujuan, meraih keuntungan lain, dan menjadi perusahaan metaverse terkemuka.”

-Tim

Source: IGN

Komentar

comments powered by Disqus