Sony PlayStation Patenkan Algoritma Adaptive Difficulty

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Sony PlayStation Patenkan Algoritma Adaptive Difficulty

Tingkat kesulitan game saat ini bisa ditentukan player sendiri, mulai dari tingkat mudah hingga sangat sulit bagi yang menyukai tantangan. Namun tidak sedikit pula ada game yang tidak menyertakan tingkat kesulitan dalam gamenya, dan game tersebut dirasa sulit bagi beberapa gamers. Melihat tren ini, Sony PlayStation tengah mengembangkan dan mempatenkan sebuah alogritma tingkat kesulitan pada video game.

Dokumen berjudul “ADAPTIVE DIFFICULTY CALIBRATION FOR SKILLS-BASED ACTIVITIES IN VIRTUAL ENVIRONMENTS” telah didaftarkan pada Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia / WIPO (World Intellectual Properties Organization), dimana sistem kerjanya akan memantau aktivitas gamers, jika dirasa sudah menguasai mekanik seperti menghabisi musuh maka tingkat kesulitannya akan naik perlahan, begitupula sebaliknya jika player kesulitan maka tingkat kesulitan musuh akan berkurang. Sony juga merilis flowchart bagaimana algoritma pada video game akan bekerja. Sony juga menilai game saat ini dirasa kadangan tidak unbalanced secara konsep.

Belum diketahui kapan implementasi algoritma ini akan dipergunakan, namun kemungkinan besar akan digunakan pada game first-party Sony.

Source: WIPO Archive

Komentar

comments powered by Disqus