Nvidia Kini Menjadi Perusahaan Dengan Harga $3Triliun

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Nvidia Kini Menjadi Perusahaan Dengan Harga $3Triliun

Mendominasi pasar graphic card, Nvidia menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, dan perusahaan paling berharga kedua di pasar saham AS saat ini. Tidak tanggung-tanggung, bisa menjadi nomor kedua setelah Microsoft Corporation.

Berdasarkan laporan CNBC saham tertutup yang naik 5% atau $1,224.40 ini membuat perusahaan chip tersebut bernilai sekitar $3,01 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Angka tersebut melampui Apple Corp yang hanya $3 triliun saja, menjadikannya perusahaan publik terbesar kedua setelah Microsoft, yang memiliki kapitalisasi pasar $3,15 triliun.

CNBC juga melaporkan bahwa perkembangan pesat ini tercipta dikarenakan pengembangan AI atau kecerdasan buatan tersebut membuat perusahaan akselerasi 70% dan 95% pangsa pasar chip untuk kecerdasan buatan. Saham melonjak menjadi 3,224% selama lima tahun terakhir selain memonopoli pasar GPU.

Tidak mengherankan bilamana sebelumnya CEO Nvidia pernah mengatakan bahwa perusahaannya akan berkontribusi penuh akan perkembangan AI, melihat potensinya dalam menaikkan value perusahaan.

Source: IGN

Komentar

comments powered by Disqus