$700 Untuk PS5 Pro Apakah Masuk Akal?

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
$700 Untuk PS5 Pro Apakah Masuk Akal?

Kebutuhan hardware yang mumpuni menjadi hal yang sangat diinginkan oleh developer game maupun user dalam memainkan gamenya di konsol. Limitasi sangat mempengaruhi performa dan visual, sehingga muncul versi yang lebih kuat dan bertenaga untuk menopang kebutuhan, pertanyaannya adalah apakah signifikan?

Sony baru saja mengumumkan konsol terbarunya yaitu PlayStation 5 Pro, versi lebih kuat dari PS5 biasa dan slim. Namun respon negatif muncul dikarenakan mereka tidak tanggung-tanggung mematok harga di $700 (Rp. 10 jt) tanpa disk dan stand, yang dimana 2 hal tersebut dijual terpisah. Spesifikasi apa yang ditawarkan dari versi pro? Berikut detailnya:

  • Upgraded GPU: 67% lebih banyak Unit Komputasi daripada konsol PlayStation 5 saat ini, memori yang 28% lebih cepat, rendering hingga 45% lebih cepat untuk bermain game.
  • Advanced Ray-Tracing: Peningkatan refleksi cahaya lebih cepat dua kali lipat, dan terkadang tiga kali lipat, dari konsol PlayStation 5 saat ini.
  • AI-Driven Upscaling: PlayStation Spectral Super Resolution, peningkatan skala berbasis AI yang menggunakan teknologi berbasis machine learning untuk memberikan kejernihan gambar yang sangat tajam dengan menambahkan sejumlah detail yang luar biasa.

Meskipun dengan upgrade hardware yang menarik, hal ini dikritik oleh mantan bos Blizzard Entertainment - Mike Ybarra dimana ia tidak mempermasalahkan soal jeroan konsol tersebut melainkan harga yang ditawarkan. Dalam sebuah tweet/x, ia lebih tertarik bilamana gamer diberikan opsi untuk upgrade konsol dengan sistem tukar tambah ps5 biasa ke pro, tanpa harus membeli konsol baru yang lebih premium.

Inflasi, PS5 Pro lebih murah daripada PS3 asli saat dirilis seharga $600 pada tahun 2006. Selain satu contoh itu, ini adalah PlayStation termahal yang pernah ada, bahkan jika disesuaikan dengan inflasi saat ini.

PlayStation 5 Pro sendiri akan dirilis ke pasar pada tanggal 7 November mendatang. Perkiraan harga masuk Indonesia secara resmi kurang lebih 12 juta termasuk pajak. Untuk Disk terjual terpisah dengan harga $80 (Rp. 1.2jt) dan stand seharga $30 (Rp. 460K).

Source: Gamesradar

Komentar

comments powered by Disqus