Impresi Awal Gikei Trial - Memotret Ulang Sejarah

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Impresi Awal Gikei Trial - Memotret Ulang Sejarah

Keberadaan video game sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan sebuah warisan sejarah memang terhitung efektif. Developer bebas berkreasi entah mau memotret sesuai sejarah atau berdasarkan sejarah.

Developer sekaligus publisher Inre kembali menghadirkan VN dengan tema sejarah klasik Jepang. Tentunya mereka tidak mempresentasikan secara akurat, tetapi tema yang dihadirkan cukup menarik.

Bersetting di tahun 2020 protagonis bersama adiknya yaitu Kanao Roku dan teman masa kecilnya - Mihishiro Shizuka ditarik ke masa lalu, tepatnya Jepang pada masa periode Heian di tahun 1174. Menyadari bahwa mereka bertiga adalah representasi dari sejarah, mengingat apa yang dipelajari di masa depan, sejarah akan diulang atau dirubah?

Cerita dibagi menjadi dua segmen pada masa kini dan lalu. Di masa lalu, berfokus pada kehidupan sehari-hari mc sebagai bagian dari keluarga sejarahwan. Bagaimana perannya dalam melestarikan kearifan lokal.

Sementara di masa lalu, mengisahkan mereka yang terpaksa terlibat pada detik-detik berakhirnya konflik periode Heian yang terjadi di daerah kapital Heian-kyō. Dimana pada peroide ini menjadi cital bakal terciptanya modern Kyoto di masa depan.

Sedari awal memang berdasarkan sejarah, jadi ada beberapa diantaranya tidak akurat. Contoh sederhanya pakaian yang digunakan memang menceriminkan kimono masa lampau, tetapi ditambahkan kreativitas modern.

Tetapi sebagaian besar cerita sejarah dibawakan cukup mendetail. Bagaimana interaksi karakter menyinggung apa yang terjadi di masa depan, dan berusaha sedikit merubahnya karena suatu kepentingan. Beberapa tokoh penting di masa tersebut juga diperlihatkan tetapi tidak terlalu mendetail di versi trial ini.

Salah satu hal yang menarik dari vn ini adalah bagaimana menghadirkan adegan action. Karena semakin dalam cerita, akan lebih berfokus pada konflik politik pada masa tersebut. Penggunaan vfx dicampur dengan stop motion animation terlihat istimewa.

Genpei Ryouran Emaki -Gikei- menjadi salah satu media cocok untuk memahami sejarah klasik Jepang, khususnya pada peroide Heian. Detail sejarah yang ditawarkan cukup relevan dengan bumbu time traveler. Tidak lupa pula ada beberapa fan-service siap menemani sepajang trial berjalan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunduh versi trial-nya bisa menuju tautan halaman resminya. Gikei akan dirilis untuk pasar Jepang, 26 Maret 2021.

Komentar

comments powered by Disqus