Impresi Clarias Trial - Tidak Heran Ditunda

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Impresi Clarias Trial - Tidak Heran Ditunda

Bermain visual novel dengan gamplay click-n-click sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum. Tetapi perkembangan jauh lebih baik, dimana kembali ke era JRPG klasik dengan citarasa rasa lebih modern dari seorang penulis skenario Niijima Yuu yang eksistensinya sudah dikenal banyak vn lovers.

Senkou no Clarias sempat ditunda versi penuhnya, versi trial juga mengalami penundaan untungnya hanya berlangsung beberapa jam saja. Informasi yang dipajang via situs resminya sudah memberikan panduan lengkap bagaimana sistem gamplay game bekerja nantinya.

Layaknya cerita seorang pahlawan isekai pada umumnya, protagonis dipanggil ke dunia lain untuk menangani problematika di dunia barunya bersama para wholesome heroine tentunya.

Game ini mengusung gameplay hack-n-slash, dimana ketika scene battle visual berubah menjadi game rpg klasik. Pemain diberikan opsi bergerak, tangkis, menghindar sambil menekan tombol untuk light attack maupun heavy attack untuk menghadapi musuh. Tentu saja skill pendukung lainnya juga tersedia, seiringnya permainan berlangsung. Ketika memiliki party, Anda bisa memilih siapa menjadi penyerang pertama dan seterusnya. Bila char 1 jatuh, char 2 menggantikannya secara real-time.

Ketika scene visual novel, setiap karakter memiliki warna berbeda pada takarirnya. MC juga mempunyai dub, tenang seiyuu yang mengisi sangat keren dan gagah.

Awal permainan memang disuguhi elemen RPG kompleks, bila Anda seorang pemain raw dengan bahasa Jepang minim, tetapi menggunakan machine translator kami tidak bisa sepenuhnya merekomendasikan. Proses translate berjalan mulus ketika berada di dialog vn, tetapi memasuki menu skill, stat party, desc item dan lain-lain tidak sepenuhnya bekerja dengan baik.

Opsional kini tidak hanya sekadar pilih, a maka ke cerita a dan lain-lain. Sebuah mode lain yang dimplementasikan dapat mempengaruhi jalan cerita kedepan adalah “volume choice”.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan “choice” pada umumnya, bedanya ia memberikan warna apa yang akan dipilih. Warna ini mencerimkan emosi apa akan diambil, menjadi pemarah, santai ataupun diam saja. Ini juga dapat mempengaruhi pandangan heroine maupun npc tentang si mc.

Sistem open worldnya bukan eksplorasi melainkan pergi ke tempat 1 atau lainnya, guna mempertahankan cita-rasa visual novel. Walaupun begitu, Anda bebas mau menempuh story utama, menjalin hubungan dengan heroine, ataupun menyelesaikan side-quest dari NPC.

Setting pada game juga begitu kompleks, namun sayang UI/UX terasa begitu flat. Setidaknya UI lain seperti stat party mudah dipahami jika bisa berbahasa Jepang tentunya.

Senkyou no Clarias menjadi salah satu game VN JRPG menarik untuk dinanti, terlepas siapa yang menulis skenario ceritanya. Tidak begitu mengherankan bila game ini ditunda,karena kontennya sendiri menarik. Harapan kami sendiri versi penuh memberikan sedikit kebebasan, khususnya pengguna machine translator karena beberapa titik tidak bisa diterjemahkan, apalagi ketika memasuki mode RPG.

Versi Trial bisa Anda unduh via situs resminya. Game ini akan dirilis, 26 Februari 2021 untuk PC - Japan Only!

Komentar

comments powered by Disqus