Apa Itu Ambient Occlusion dan Jenis Mana yang Terbaik?

Arya P.
Oleh Arya P.  Pada
Apa Itu Ambient Occlusion dan Jenis Mana yang Terbaik?

Ambient oclusion atau disingkat ao adalah teknik shading atau rendering yang melakukan kalkulasi bagaimana setiap point pada scene menerima cahaya di sekelilingnya, contoh ini seperti sebuah graphics 3d tabung yang menerima cahaya dan melakukan kalkulasi sebagaimana banyak cahaya dapat masuk ke tabung tersebut, semakin dalam tabung tersebut maka semakin berkurang cahaya yang didapat. Teknik ini di implementasikan pertama kali oleh Crytek yaitu CryEngine 2.

Terdapat banyak jenis ambient oclusion pada game tetapi yang paling sering digunakan biasanya adalah SSAO screen space ambient occlusion, HBAO horizon based ambient occlusion dan HDAO High Definition Ambient Occlusion, sebenarnya HBAO dan HDAO adalah mirip atau sama hanya berbeda pada vendor saja, dimana HDAO digunakan lebih sering pada AMD dan HBAO pada NVIDIA.

langsung saja ke pertanyaan yang ditunggu, ambient occlusion mana yang disarankan?, ini relatif, karena jika kalian mementingkan performa kalian dapat memilih SSAO, walaupun teknik tertua, impact performa yang diberikan relatif kecil jika kalian mementingkan frame rate pada game.

Tapi jika kalian mementingkan keakurasian hasi visual, kalian dapat menggunakan HBAO atua HDAO dimana teknik yang digunakan relatif baru dan memperbaiki teknik SSAO sehingga hasil yang diberikan lebih baik walau framerate menjadi tanggungan kalian. Tapi jika kalian tidak begitu mementingkan graphics pada game, off kan saja karena shadow saja sudah cukup bagi kami.

Ambient Oclusion adalah salah satu settings graphics favorit bagi kami, karena mengubah hasil visual dengan signifikan tentu performa juga, jadi bagaimana menurut kalian?, sampaikan pada kolom komentar dibawah karena kami sangat antusias membaca komentar kalian. bye bye!

Komentar

comments powered by Disqus