Embracer Group Mulai Rencana Naikkan Harga Game Menjadi $70

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Embracer Group Mulai Rencana Naikkan Harga Game Menjadi $70

Standar harga game AAA yang mulanya $60 (Rp. 970K) menjadi $70 (Rp. 1.1 jt) sudah mulai berjalan walaupun masih banyak gamers yang tidak terima akan harga game tersebut. Lonjakan inflasi dan naiknya harga produksi sebuah video game membuat mau tidak mau publisher mulai menaikkan harga jual. Hal ini juga akan diikuti oleh Embracer Group.

Embracer Group dari kemarin mengalami hal buruk seperti melakukan PHK besar-besaran, menutup beberapa studio dan menjual beberapa belum cukup menyelamatkan perusahaan tersebut. Lars Wingefors Selaku boss perusahaan dalam wawancaranya bersama GI.biz mengatakan bahwa ditengah persaingan dan meningkatnya biaya produksi, melihat kondisi keuangan perusahaan tersebut, menaikkan harga jual menjadi solusi, dan makin banyak game yang akan bisa diciptakan nantinya.

Ia juga menyinggung perihal jika sebuah game RPG dengan durasi gameplay 100 hingga 150 jam dengan pengalaman bermain yang kaya, akankah gamer akan membayar lebih? Jika ia, akan banyak game serupa yang hadir dipasaran.

Kegagalan Alone di Dark Remake juga mendorong keputusan ini, dimana ia juga menyinggung gamer saat ini lebih suka game live service dibandingkan game premium sekali bayar. Selain itu, gamer juga lebih senang akan IP mapan ketimbang IP baru yang sangat berisiko.

Saat ini, Embracer Group masih mendiskusikan soal kenaikan harga game menjadi $70. Mereka juga tengah menunggu perusahaan video game lain untuk menjadi yang pertama, sebelum mengikuti kenaikan harga.

Source IGN

Komentar

comments powered by Disqus