Apa Itu Ping? – Cara Mengatasi Lag Pada Game Online
Mungkin tidak sedikit orang telah mengetahui apa itu ping, yaitu sebuah bilangan yang memberikan informasi seberapa baik koneksi dengan mengindikasikan seberapa realtime sebuah data diterima, tetapi jika dari teknisnya ping adalah sebuah signal yang dikirim ke host dimana mengharapkan respon, dan dengan hal tersebut, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah host yang dikirimkan signal tersedia atau tidak, maupun digunakan untuk mengecek seberapa lama respon yang diterima antara host dan client.
Host adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dan membagikan sumber dayanya, sedangkan client adalah sebuah komputer yang menunggu respon dari host, seperti pada game multiplayer, server game adalah host dan komputer ataupun konsol game adalah clientnya.
Terkadang pernyataan ini cukup membingungkan, karena ketika bermain game multiplayer pemain membagikan data informasi game yang ada, seperti pergerakan, data player dan data lainnya ke server, sedangkan server juga memberikan data informasi yang dibutuhkan ke client seperti pergerakan player lain, jadi siapa host dan clientnya?.
Mike Muuss, adalah seseorang developer software yang berjasa dalam menemukan utilitas yang bernama ping, dimana ia menamakannya dari sebuah sonar. Sonar adalah suara yang diterima kembali dari pantulan suara yang dipancarkan, biasanya digunakan untuk mendeteksi sesuatu yang ada didepannya, apakah semakin dekat atau jauh tergantung waktu pantulan sonar yang diterima, seperti sebuah kapal selam yang menggunakan sonar dalam mendeteksi sesuatu yang ada didepannya, dan ping menggunakan satuan mili seconds (ms) dalam mengukur waktu berapa lama arus data dikirimkan mendapat respon, karena kecepatan arus data internet di dunia sangat cepat yaitu dapat mencapai 31% dari kecepatan cahaya, bahkan penelitian dari University of Southampton menemukan kecepatan fiber optic yaitu kabel internet hingga 99.7% dari kecepatan cahaya.
Dalam game multiplayer ping adalah sesuatu yang tidak kalah penting karena ukuran ping sangat berpengaruh dalam kualitas bermain game seseorang, jika ping yang kita dapat terlalu besar maka respon yang kita kirim ke server tersebut akan lebih lambat, kita anggap saja pemain lain di server tersebut yang memiliki ping lebih baik, sehingga contohnya ketika pemain dengan ping lebih besar berhadapan dengan musuh yang memiliki ping lebih kecil dan menembakan senjata, hasil dari tembakan pemain akan lebih lambat dari hasil tembakan musuh, akibatnya walaupun pemain sudah menembakan peluru berbutir – butir tetap saja pemain tersebut duluan kalah, atau ini tergantung juga dengan game yang dimainkan karena untuk network model alias netcode pada game multiplayer yang ada saat ini sudah cukup baik, contohnya seperti server game akan memanajemen buffer pada setiap client yang terkoneksi pada server ketika pemain – pemain mengalami koneksi yang tidak stabil sehingga memberikan kesan realtime walaupun latency alias ping kalian turun pada waktu tertentu. Mudahnya seperti musuh kalian memiliki ping 50ms dan pemain memiliki ping 70ms maka musuh akan diberikan buffer sehingga setara dengan ping pemain yaitu 70ms atau mungkin teknik lain seperti mencari rata – ratanya sehingga musuh kalian mendapat buffer dan pingnya menjadi 60ms, dan masih banyak lagi netcode yang dapat digunakan developer yang pastinya lebih rumit dari contoh sebelumnya.
Cukup banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan ping menjadi buruk sehingga membuat game online yang berjalan terasa lag, beberapa kemungkinan umumnya akan dijelaskan berikut:
Koneksi
Game multiplayer tidak membutuhkan koneksi yang cepat tapi tidak stabil, game multiplayer membutuhkan koneksi yang stabil walaupun kecepatan juga berpengaruh, tapi tetap yang utama adalah kestabilan koneksi yang ada, karena game multiplayer membutuhkan data informasi dari client yang realtime dan ter-uptodate tidak seperti media streaming layaknya YouTube atupun Netflix yang membutuhkan kecepatan koneksi saja, karena media streaming menggunakan buffer agar streaming berjalan baik, contohnya ketika koneksi kalian cepat ia akan melakukan load data informasi video sebanyak dan sebaik mungkin dalam buffer dan penonton akan tidak merasa terjadi lag karena data video yang di jalankan selanjutnya adalah dari buffer, sedangkan jika game multiplayer memerlukan data yang realtime dimana arus data indormasi harus berjalan terus menerus, walaupun seperti yang dijelaskan sebelumnya dapat menggunakan netcode dengan buffer, tapi buffer yang ada tidak sampai berdetik detik bahkan berpuluh detik.
Gangguan koneksi
Selanjutnya adalah gangguan dari koneksi lain, seperti menonton media streaming, browsing atau teman kalian menggunakan koneksi yang ada untuk melakukan download. Masih berhubungan dengan sebelumnya, ketika kita bermain game, arus informasi yang seharusnya berjalan baik terhambat oleh media streaming yang mengambil semua alokasi bandwidth data koneksi yang ada pada waktu tertentu, sehingga terjadi lag. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan memprioritaskan game atau device yang kita gunakan menjadi prioritas utama pada router sehingga media streaming tidak dapat mengambil bandwidth yang digunakan. Ada banyak cara untuk memprioritaskan device atau game pada router sesuai dengan model router yang dimiliki, jadi cobalah bereksperiman untuk mencarinya di internet.
Wi-Fi
Wi-Fi adalah jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio dalam melakukan transfer data melalui ruang kosong, jadi ada beberapa hal yang dapat mengganggu jaringan Wi-Fi seperti halangan tembok, benda, terganggu oleh smartphone ataupun router tetangga yang menggunakan channel Wi-Fi yang sama, dan jarak antara device dengan router. Dengan gangguan tersebut akan menyebabkan terjadinya packet loss dan menurunkan latency yang ada sehingga ping yang didapat pun besar. Solusi yang dapat dilakukan dari hal ini adalah menggunakan kabel langsung menuju ke router (Ethernet) ataupun melakukan upgrade router yang ada jika situasi dan kondisi yang ada sudah tidak mendukung, disarankan untuk menggunakan router dengan jaringan Wi-Fi 5GHz.
Jadi itu yang dapat kami jelaskan mengenai ping dan bagaimana cara mengatasi lag. Tetap pastikan ping game online di posisi terkecil agar pengalaman bermain game tetap baik, jika merasa ada keraguan atau bingung, silahkan bertanya pada kolom komentar karena kami sangat antusias membaca komentar kalian, terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa pada posting berikutnya.
Komentar