Apa Itu Save Game? – Bagaimana Game Menyimpan Progresnya
Ini benar benar familiar bagi kalian, yup kalian para gamer yang melakukan Save Game pada game yang kalian mainkan. Save Game adalah sebuah data yang disimpan pada game kalian atau lebih teknisnya bisa dikatakan sebuah bagian informasi digital yang disimpan mengenai kemajuan dalam bermain game.
pada awal perkembangan game, Save Game pada game sebenarnya tidak dibutuhkan karena game saat itu rata rata memiliki durasi yang pendek , tapi ketika awal perkembangan PC alias personal komputer dan berbagai console game muncul di pasaran, Save Game mulai digunakan dan sudah diterapkan, contohnya Space Invaders menggunakan Save Game untuk menyimpan data highscore, sampai sistem Save Game dengan password, seingat kami game yang menggunakan ini contohnya adalah Rumble Racing pada console Playstation 1 walaupun saat itu Playstation 1 sudah menggunakan memory card.
Save Game terus berkembang dan menambah kompleks lagi seiring dengan waktu, dari Save Game yang berupa highscore sampai saat ini Save Game yang berupa waktu, tempat, ruang, wilayah, ai, motion dan masih banyak lagi. Dasarnya Save Game terdiri dari beberapa tipe yaitu autosave, checkpoints, quicksaving, password dan save states, bagi kalian para gamer mungkin ini tidak lagi asing bukan?.
Cara kerja Save Game yang banyak digunakan biasanya adalah dengan konsep menyimpan beberapa data penting saja seperti level, pencapaian, posisi terakhir, progres game dan sebagainya, tetapi ada juga konsep yang berbeda yaitu setiap object di game menulis kode datanya sendiri dan ketika nanti game di jalankan maka save data akan termuat bersamaan saat game loading. Sebenarnya masih banyak cara atau konsep yang dapat digunakan dalam melakukan Save Game, ini tergantung pada developer game yang ada, karena semakin baik algoritma Save Game yang digunakan, maka semakin cepat waktu memuat dan juga tepat dalam penggunaanya.
Selain itu Save Game pada game yang ada rata rata tidak akan menyimpan semua data, pada keadaan terakhir di game, seperti contohnya game tidak akan menyimpan data seperti, animasi game terakhir, keadaan sebuah object pelengkap yang tidak begitu penting, kondisi object setelah mendapatkan aksi, hasil physics yang terjadi dan sebagainya, karena itu akan membutuhkan banyak ruang penyimpanan dan membuat proses save data menjadi lebih lama, maka dari itu Save Game hanya akan menyimpan hal penting saja pada game. Mungkin kalian pernah melihat keadaan suatu object di game yang sebelumnya sudah berbeda tetapi setelah besok kalian memainkan game tersebut lagi object itu kembali seperti semula, itulah yang dimaksud bahwa object itu menurut developer adalah object yang tidak begitu penting sehingga developer lebih mengotipmalkan object lain yang lebih penting untuk disimpan, terutama object yang disimpan adalah untuk progres game.
Sekarang Save Game terus berkembang, dari sistem Save Game cloud yang lebih aman, sharing Save Game dengan teman kalian sampai Save Game yang lebih ketat dan aman sehingga kita tidak bisa sembarang menggunakan Save Game lain untuk menyelesaikan progres pada game.
Itulah penjelasan Save Game. Jika kalian ada yang ingin di tanyakan atau mengungkapkan hal lainnya, kalian dapat menyampaikannya di kolom komentar, terimakasih!
Komentar