Review Sis△Camp - Kemah Bersama

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Review Sis△Camp - Kemah Bersama

Sebagian besar pemain apalagi yang kebetulan menyukai anime sudah tidak asing dengan desain beberapa karakter dari game ini. Yep, desain mereka memang bisa dibilang hampir menyerupai hanya beda seiyuu tetapi jika membicarakan karakteristiknya sepanjang game sangat berbeda.

Sis△Camp merupakan game terbaru dari dev. sekaligus publisher Onomatope*Raspberry dimana sesuai judulnya mengisahkan tentang perkemahan bersama para saudari manis. Jadi sejauh mana tema yang diangkat? Berikut ulasannya.

Cerita

Dikarenakan tempat kerjanya mengalami kebangkrutan, Kanta Amano memutuskan libur sejenak dan menghabiskan waktunya dengan cara berkemah. Ia memiliki 3 saudari tertarik dengan aktivitas saudara satu-satunya, begitupula dengan teman dan orang asing yang ditemui di perkemah menunjukkan ketertarikan serupa.

Tanpa Basa-Basi

Tidak seperti VN kebanyakan yang dimana beberapa jam lebih difokuskan pada prolog sebelum memasuki rute, Sis△Camp langsung memberikan fan-service ke pemain begitu cepat. Hanya selang beberapa jam saja, setidaknya ada 4 H-scene diperlihatkan sebelum masuk ke rute.

Tidak ada yang namanya karakter sampingan atau suara NPC, semua karakter yang ada adalah main! Semua memiliki porsi untuk dinikmati secara sama-rata.

Rute dibagi menjadi beberapa sesi dengan presentase sudah sejauh mana berinteraksi bersama para heroine. Bisa hanya fokus pada satu titik ataupun selang-seling tidak masalah, tidak ada mempengaruhi ending karena semua memiliki ending tersendiri.

Indah Namun Tidak Terlalu Wah

Jika membicarakan tentang perkemahaan tentu yang paling disorot adalah keindahan alamnya. Memang dari sisi visual Sis△Camp berhasil menghadirkan detail background cukup tinggi. Namun secara keseluruhan ia tidak terlalu istimewa.

Absennya CG seperti kegiatan berkemah membuatnya terlihat game yang hanya berfokus pada romansa dan fan-service. Beberapa sfx pendukung seperti bunyi api unggun, angin, aliran air dan lain-lain yang seharusnya ada di alam tetapi dibuat nanggung.

Beruntung developer memasukkan percakapan penting yang berkaitan dengan kegiatan berkemah. Interaksi pendatang yang awam soal perkemahan, peran mc sebagai orang cukup berpengalaman membantu mereka baik dari segi cara memasang tenda, memasak, dll. menjadi salah satu unsur cerita penting jika mengangkat tema soal “perkemahan”.

Kesimpulan

Sis△Camp berhasil membuktikan karakter yang begitu mirip tersebut memiliki perbedaan jauh dari kata bootleg. Sayangnya kisah perkemahannya tidak dibuat lebih menarik, tidak ada alasan untuk ikut berkemah seperti apa yang ditawarkan dari produk multimedia lain. Haus akan fan-service game ini membawakannya dengan baik.

Kelebihan:

  • Fan-Service
  • Bebas Berpindah-Pindah Rute
  • Tidak Sekadar Bootleg

kekurangan:

  • Detail Soal Perkemahan Kurang

Komentar

comments powered by Disqus