Review Hibikino - Tidak Hanya Berjualan

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Review Hibikino - Tidak Hanya Berjualan

Sejak berakhirnya bulan November, dimana industri VN Jepang secara berbarengan merilis game-nya ke pasaran. Sulitnya lagi, banyak yang menarik dilepas menjadi pilihan sulit apalagi jika membicarakan soal keuangan. Game Hibikino-san-chi wa Eroge-ya-san! garapan dev. sekaligus publisher Sonora akhirnya dirilis.

Versi impresi dari trial kemarin sudah kami buat sebelumnya, dimana versi penuh kali ini membawakan banyak kejutan terutama dari sisi cerita. Tetapi masih sama hanya tersedia versi Jepang saja. Seberapa signifikan? Berikut ulasannya.

Cerita

Mengisahkan tentang terbentuknya toko game Hibikino, dimana putri tertua Yukari memiliki ide tersebut setelah kakek mereka memuntuskan untuk pensiun. Disisi lain Kurama Ren terkejut mendapati tempat bermainnya dulu bersama 3 bersaudari ini telah berubah. Ia menyadari bahwa teman masa kecilnya kesulitan mengelola toko tersebut, memutuskan untuk bekerja paruh waktu disana.

Cross-Cover Menarik

Sejak rilisnya versi trial kemarin karakter pendatang dari sebelah yaitu Onaji Class no Idol-san. Around me is full by a celebrity, rilis tahun 2019 lalu memiliki peran pendukung. Beberapa karakter pendatang ini tidak sekadar cameo, interaksi-nya juga hidup layaknya seperti pada game sendiri.

Keluh Kesah Sebuah Toko

Setiap bisnis memiliki tuntutan kerja tersendiri. Game ini memberikan gambaran bagaimana sebuah toko memesan barang lewat distributor, bagaimana mereka mengambil resiko barang baru apakah akan laku atau tidak. Masih banyak hal yang berkaitan dengan bisnis dibahas, tetapi tidak terlalu mendetail. Setidaknya memberi gambaran bagaimana industri game eroge bekerja dari perspektif penjual.

Tidak Hanya Berjualan

Jika Anda mengira ia hanya kisah tentang 3 bersaudari jualan eroge saja salah besar. Common route berfokus pada industri, pengenalan karakter dan cabang cerita yang akan diambil menentukan rute heroine selanjutnya.

Selama segmen common pemain akan diberikan banyak pilihan, yang paling mendapatkan perhatian lebih akan menjadi rute heroine selanjutnya. Tetapi mereka tidak memberikan semua pilihan rute, terkadang ada karakter yang tidak Anda inginkan muncul pilihannya memberikan kesempatan mempelajari karakteristiknya. Tetap siapa paling sering diperhatikan akan menang.

Ketika memasuki rute heroine, setiap heroine memiliki cerita tersendiri soal industri. Bagaimana mereka mengejar cita-cita mereka, konflik personal, hingga kisah romansa cukup baik untuk vn wholesome heroine.

Visual Memanjakan Mata

Semakin memasuki lebih dalam, cg background sendiri sangat detail. Perubahan dari siang ke malam dengan tata cahaya terlihat indah. Tidak hanya visual diluar, desain interior juga diperlakukan serupa.

Contoh sederhanya bisa terlihat ketika berada didalam toko Hibikino. Sebagian besar detail gambar game fisik-nya terlihat jelas tanpa blur berlebihan. Tetapi tidak semua background memiliki perubahan detail.

Kesimpulan

Hibikino-san-chi wa Eroge-ya-san! menjadi salah satu vn yang cocok bagi Anda untuk terjun kedalam industri kreatif anime eroge. Perspektif toko eroge lengkap dengan keluh kesahnya sangat relevan di lapangan meskipun tidak bisa dibilang sepenuhnya akurat. Jika membicarakan kelemahan entah mengapa minim suara npc jadi terasa kurang padahal rerata suara npc ya begitulah.

Kelebihan:

  • Wholesome heroine
  • Tidak sekadar jualan
  • Visual dinamis
  • Adanya kesempatan mengenal karakter lebih lanjut meskipun sejak awal tidak tertarik

Kekurangan:

  • Minim suara npc
  • Beberapa cameo terasa dipaksakan

Komentar

comments powered by Disqus