Review Riddle Joker - Seperti Jeruk

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Review Riddle Joker - Seperti Jeruk

Oke untuk visual novel satu ini sepertinya tidak mengherankan menjadi perbincangan hangat bahkan hype-nya masih hingga saat ini. Apalagi rilis tidak terlalu bentrok dengan game lain menjadikannya tanpa pesaing dari minggu tersebut, walaupun harga ya bisa dibilang sepadan juga.

Lahir dari tangan dingin Yuzusoft untuk pasar Jepang, 2018 lalu menerima review baik dari para kritikus. Dimana versi ENG-nya seperti jeruk. Mengapa? Berikut ulasannya:

Cerita

Satoru dan Nanami merupakan agen mata-mata rahasia ditugaskan untuk menyusup ke Kikka Academy sebagai pelajar untuk menyelidiki kasus menyimpang yang melibatkan para Astral. Akademi tersebut menyimpan rahasia yang tidak pernah dibeberkan ke publik selain menjadi wadah bagi manusia berkemampuan super atau Astarl.

Visual Yang Indah

Kualitas Yuzusotf tidak perlu diragukan lagi! Dari sisi background sendiri ia memang minim, justru dengan begitu hasil yang ditawarkan begitu mempesona termasuk common char.

Begitupula dengan CG apalagi, tidak dapat dipungkiri perbedaanya tidak jauh berbeda. Seperti screenshot diatas bisa terlihat ekspresi karakter begitu hidup sesuai takarir.

Size Besar Sepadan

Bisa dibilang ia menjadi salah satu game dengan ukuran terbesar dari vn lainnya kebanyakan. Size mencapai 9 GB lebih bukanlah gimmick belaka. Sebagian besar habis dari CG high render serta gerakan dinamis karakter setiap interaksinya tanpa campur tangan 3D.

UI pada game ini cukup ramai dan lengkap, dimana ia juga menawarkan fitur slide bagi pengguna laptop 2 in one, kostumisasi mouse, hingga menggunakan gamepad seperti Xbox/PlayStation controller.

Another view / mode perspektif untuk heroine dan karakter pendukung sudah biasa Anda lihat, maka pada vn ini ia menawarkan interaksi dari kacamata NPC disepanjang cerita bahkan ketika sudah memasuki rute heroine sekalipun. Tetap jangan berharap banyak soal dubbing untuk para NPC.

Scene chibi mode juga memiliki gerakan dinamis dengan animasi sederhananya dapat dimengerti mengapa membutuhkan kapasitas penyimpan besar selain backsound dan animasi intro yang akan dibahas selanjutnya.

Seperti Jeruk

Alasan kami memilih judul ini bukan karena dev. sendiri memiliki logo seperti jeruk, tetapi pengalamannya memang seperti jeruk. Bagaimana rasa sebuah jeruk? Manis, asam bahkan pahit jika tidak sengaja mengigit batunya.

Flowchart memberikan gambaran cabang cerita mana yang Anda ambil. Cabang akan berhenti bila sudah memasuki heroine rute. Menariknya, mode ini sangat membantu bila Anda lupa membuat save baru, ingin menuju ke rute lain tanpa harus capek menunggu skip mode. Cukup pilih scene yang memiliki cabang cerita, pilih yang lain.

Terlepas dari plot tentang agen klandestin, vn ini memiliki cerita dan konflik cukup ringan. Politik maupun konspirasinya bisa diterima mudah di otak, kecuali penjelasan soal role Astral terkadang membingungkan. Selain itu, Anda tetap mendapatkan momen bahagia, haru lengkap dengan ost sesuai, rasanya ya seperti jeruk.

10 Chapter untuk setiap heroine masih kurang? Ada after story siap mewarnai hati kembali. Selain cerita lanjutan, ada tambahan H-scene baru jika sudah mengistall patch 18+.

Kesimpulan

Riddle Joker menjadi vn wajib dimaikan untuk menemani akhir tahun 2020 sembari menunggu lebih banyak lagi karya YuzuSoft menuju Pasar barat dikemudian hari. Game ini nyaris sempurna, kelemahan paling sering ditemui adalah takarir yang masih membuat ambigu meskipun sudah update patch terbaru hanya membantu beberapa persen saja.

Kelebihan:

  • Visual memanjakan mata
  • Hazuki
  • Cerita tidak seberat dibayangkan
  • Flowchart sasaran
  • Easter egg dari karya sebelumnya

Kekurangan:

  • Translate masih bikin ambigu meskipun sudah update

Komentar

comments powered by Disqus