Review Kokoro No Katachi - Hati Terhubung

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Review Kokoro No Katachi - Hati Terhubung

Sebelumnya, izinkan kami mengucapkan selamat hari raya Natal meskipun telat. Dimana kemarin selain menjadi momen terbaik khususnya bagi umat Kristen, juga banyak vn menarik rilis berbarengan. Dev./publisher Hulotte Roi asal Jepang, lewat karya perdannya yaitu Kokoro No Katachi akhirnya telah tiba.

Impresi trial sudah kami tulis sebelumnya, sudah bisa menebak bahwa pengalaman wholesome heroine menjadi fokus utamanya. Dua hati terpisah akan terhubung, berikut ulasannya:

Cerita

Tsukimori Shiki hidup dalam kesunyian, dimana ia memiliki sebuah kekuatan misterius yang dapat melihat/mendengarkan suara hati seseorang. Beranjak remaja, ia bertemu dengan gadis bernama Hoshina Harune anehnya kekuatannya tidak bereaksi kepadanya. Kondisi seperti membuat Shiki telah menemukan apa yang ia cari sebelumnya.

Cinta Segitiga

Sedari awal hanya berfokus pada sang heroine utama yaitu Harune, vn ini tergolong pendek. Maka untuk membuatnya sedikit lebih menarik, bumbu cinta segitiga diimplementasikan. Karakter Utsugi Kazusa merupakan teman dekat heroine hadir cukup menarik perhatian. Sifat tsun-tsunnya dapat, tetapi dari segi plotline kurang dibuat nendang.

Pesona Main Heroine

Judul dan visual begitu menjanjikan, lalu bagaimana dengan eksekusi heroine-nya itu sendiri? Tepat sasaran. Anda akan serasa hidup sebagai seorang mc, dimana melemah ketika berada di dekatnya. Seiiring berjalannya waktu, momen emosional begi terasa, terimakasih kepada seiyuu Anzu Mitsu atas dedikasinya.

Plot Memiliki Potensi Tapi…

Ada sedikit kekecewaan yang kami alami selama memainkan game ini, ada ekspetasi tinggi tidak sesuai realita. Plot mengenai karakter yang dapat mendengar suara hati seseorang ini menjadi fokus kami. Bagaimana tidak, kita akan melihat begitu kompleks hati manusia dalam berkehidupan sosial.

Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi. Memang beberapa segmen akan ada cerita mengenai emosional npc, tetapi beberapa line cerita selanjutnya kok begini? Ditambah vn ini bergerak lurus tidak ada cabang cerita, potensinya hambar.

Kesimpulan

Kokoro no Katachi to Iro to Oto / The shapes and colors and sounds of the heart menawarkan pengalaman mempunyai seorang heroine wholesome terbaik untuk bulan ini. Dari sisi presentasi visual, voice act, dan ost begitu memukau. Tetapi tidak bisa dibilang sempurna, vn ini ternyata memberatkan kinerja PC menjelang akhir game dimana scene vfx hujannya membuat spesifikasi rendah mengalami frame-drop, apalagi sambil menjalankan aplikasi machine translator. Juga, potensi plotnya tidak dimanfaatkan dengan baik.

Kelebihan:

  • Wholesome Heroine
  • Ost memanjakan telinga
  • Cerita lebih personal

Kekurangan:

  • Potensi plot yang seharusnya dapat dikembangkan lebih jauh lagi

Komentar

comments powered by Disqus