Apa Itu Bloom Pada Game dan Mengenalnya Lebih Jauh

Arya P.
Oleh Arya P.  Pada
Apa Itu Bloom Pada Game dan Mengenalnya Lebih Jauh

PC master race, mereka semua pasti ingin berjalan dengan graphics tertinggi dan dan minimal 60fps, tapi tidak selamanya seperti itu, kalian pasti melakukan tweaking settings graphics pada game dan tidak semua orang mengetahui tujuan beberapa pengaturan tersebut, dan salah satunya adalah pengaturan bloom!, efek satu ini digunakan pada pencahayaan video game agar lebih menarik dan realistic.

Bloom adalah sebuah effect cahaya yang cukup signifikan mengubah hasil visual game menjadi lebih baik atau buruk, tapi kenapa begitu cukup signifikan mengubah visual dan juga performa, jadi kami akan membahasnya lebih mendalam.

Perkembangan teknologi yang berkembang saat ini begitu pesat untuk video game. Dimana detail yang dihasilkan begitu realistis. Salah satu elemen paling mempengaruhi detail adalah pencahayaan. Banyak teknologi cahaya yang dipergunakan oleh developer untuk menghasilkan sebuah visual yang menarik, salah satunya adalah Bloom Effect.

Bloom adalah efek fenomena cahaya seperti yang ada didunia nyata, seperti kalian melihat sebuah lampu bohlam, dimana dapat menambahkan kesan realisme gambar lebih dalam, dengan menggunakan sumberdaya hardware yang lumayan cukup besar pula untuk melakukan render. Efek ini dapat dilihat secara langsung ketika objek bersinar dengan latar belakang tempat gelap ataupun lebih redup tapi tak jarang juga dapat dilihat pada sebuah lingkungan yang cukup terang walaupun efeknya terasa cukup tidak berpengaruh.

apa itu bloom video game

Bloom membantu proses pengembangan game ketika melakukan proses render objek yang sangat terang, tidak dapat dilakukan oleh sebuah layar yang tidak mendukung HDR (High Dynamic Range). Oleh karena itu Bloom berfungsi melakukan simulasi cahaya ke objek yang hasilnya seperti mendekati simulasi cahaya nyata yang menuju retina. Efek ini memang tidak sepenuhnya secara fisik dalam artian pada monitor non-HDR, tetapi dapat juga membantu untuk menunjukkan kecerahan relatif objek, atau menambahkan realisme ke gambar LDR (Low Dynamic Range) pada layar saat ini. Walaupun sekarang layar HDR semakin hari semakin mudah dijangkau budget gamer.

Pada beberapa kasus, seperti game engine yang cukup mainstream belakangan ini yaitu Unity ataupun Unreal Engine, effects bloom biasanya dibarengi dengan lens flare untuk memberikan kesan lebih realistic dan nyata. semua hal tersebut biasanya berjalan pada post-proccessing game engine, yaitu ketika sebuah game engine telah selesai melakukan prosesnya dan menampilkan hasil graphics 3d.

perlu diingat hasil pertama ini belum mendapatkan effects bloom sama sekali.

lensflare bloom pada video game

Hasil tersebut yang akan diproses, pada contoh kali ini bloom yang akan diproses dan ditambahkan, untuk menghasilkan efek cahaya tersebut. maka tidak heran jika framerate kalian berkurang bahkan terkadang cukup banyak jika mengaktifkan settings ini dikarenakan game engine melakukan tugas tambahan lagi.

Ada banyak teknik yang digunakan developer dalam menggunakan effects bloom, kami tidak akan jelaskan teknik rumit tersebut, karena itu terlalu teknikal tapi kami akan jelaskan salah satu teknik yang paling sederhana yaitu gaussian blur. Graphics 3d yang ada pada game akan dilakukan filter terlebih dahulu untuk mendapatkan bagian paling terang dan tergelap, setelah itu maka bagian paling terang akan diberikan effects yang disebut gaussian blur, dan akhirnya hasil yang telah mendapat gaussian blur tersebut akan ditumpuk diatas graphics 3d awal tadi, sehingga menghasilkan effects bloom.

bloom pada pengaturan graphics di video game

Effects bloom pada game memang terlihat lebih realistic, cinematic dan natural tetapi pada beberapa kasus effects ini lebih baik off, bukan masalah performa, tetapi pada beberapa kasus seperti contohnya e-sport gamer tidak ingin sebuah bloom beserta lens flarenya menganggu jangkauan maupun jarak pandang musuhnya, ataupun bahkan seseorang yang memiliki photosensitive epilepsy akan sangat menghindari hal seperti ini.

Jadi bagaimana menurut kalian apakah bloom begitu dibutuhkan pada game atau hanya mengganggu pengelihatan kalina karena kilauannya, berikan pendapat kalian pada kolom komentar dibawah karena kami sangat antusias membaca komentar kalian, bye bye!.

Komentar

comments powered by Disqus