Merasakan Pengalaman Mengunjungi Hoyofest 2023

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Merasakan Pengalaman Mengunjungi Hoyofest 2023

Setelah absen tahun kemarin, Mihoyo dengan brand baru menjadi Hoyoverse kembali menggelar pameran game mereka di beberapa kota di Asean, salah satunya Indonesia. Berjudul Hoyofest 2023, mereka menawarkan showcase, jual merch, dan lainnya yang berkaitan dengan franchise tersebut.

Hoyofest 2023 Indonesia diadakan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara dari tanggal 27 Juli - 6 Agustus lalu. Kami berkesempatan terbang kesana pada tanggal 30 Juli lalu. Meskipun hanya berkesempatan hadir sehari saja, kami sudah mendapatkan pengalaman yang menarik.

Antrian masih menjadi masalah utama pada event ini, bahkan ketika mencapai selesainya event

Antrian menjadi salah satu kendala terbesar pada event ini, bahkan jika kalian berselancar di internet pasti tidak akan sengaja melihat drama soal Hoyofest. Namun tidak dapat dipungkiri, meskipun kami datang awal dan mendapatkan sedikit perdebatan antara pengunjung dan petugas disana, dan kami juga enggan mendokumentasikannya tetapi untuk tanggal 30 dan kebetulan juga hari Minggu terhitung kondusif.

Ditengah event besar yang sedang berlangsung di Jakarata, seperti Impactnation di Gelora Bung Karno dan KAJI Sakura Matsuri di Jababeka-Bekasi, tidak dapat dipungkiri fans Hoyofest begitu banyak. Foto yang diambil 30 menit saat pembukaan gate saja sudah marak akan fans yang ingin mendapatkan merchandise ekslusif dari Mihoyo.

Sebuah pengalaman menarik, dimana datang sebagai kameko, pg disini sangat minim sekali. Pengunjung yang datang murni para fans, dan cosplayer yang hadir pun juga demikian, apalagi ada bonus merch gratis bagi pengunjung yang berkostum game milik Hoyoverse itu sendiri.

Fans bertemu waifunya

Sesuatu yang kami sayangkan adalah absennya food and tenant itu sendiri. Memang tujuan utamanya sendiri adalah berjualan merch, temu sama fans, dan showcase franchise milik Hoyoverse tetapi kurangnya stand makanan ala Genshin misalnya mungkin akan tambah menarik lagi. Tetapi melihat sempitnya area yang dipergunakan, bahkan untuk masuk ke booth yang begitu sempit menjadi permakluman, juga di dalam mall sendiri juga banyak area untuk makan dan minum.

Setelah kami selesai berkunjung ke Hoyoverse, kami mengunjung Kaji Sakura Matsuri di Cikarang-Bekasi, kami menjadi pusat perhatian pengujung disana ketika membawa totebag Hoyofest. Tentu saja kami tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama cosplayer, rada fleksing sih, ini membuktikan banyak fans hoyo yang di Jakarta juga ingin kesana namun mungkin dikarenakan jauh, mengingat lalu lintas Jakarta sendiri begitu padat walau tak sepadat hari kerja.

Kami cukup puas mengunjungi acara Hoyoverse yang ketiga ini, terlepas banyak drama juga menyelimuti tetapi cukup beruntung bagi kami yang hadir tidak menemukan masalah serius seperti apa yang tersebar di jagat maya. Kami sendiri juga merasakan sedikit kecewa dimana dibatasi 500 item per unit tiap harinya ludes dalam waktu hitungan menit saja. Hal ini sangat menggangu fans yang sudah mengantri ataupun datang jauh dari Jakarta seperti kami, dimana beberapa saat event berakhir sudah bermunculan para reseller yang menjual dengan harga fantastis dengan embel-embel limited edition.

Harapan kami untuk kedepannya Mihoyo turun langsung ke lokasi event, atau paling tidak mencari relawan yang paham betul akan gamenya, saat berada disana panitia sebagian besar hanya berfokus pada jualan, tidak ada interaksi soal gamenya kecuali di stage saja, dan itupun masih kurang menurut kami. Akhir kata, moga ada lagi dan diperbanyak unitnya, fans di Indonesia begitu masif.

Komentar

comments powered by Disqus