Impresi Matchmaker Agency Demo - Bikin Mikir!

Dimaru Permana
Oleh Dimaru Permana  Pada
Impresi Matchmaker Agency Demo - Bikin Mikir!

Membicarakan dating simulation pasti tidak jauh-jauh dari kata visual novel. Memang tidak dipungkiri bahwa genre ini cukup populer baik dikalangan penyuka romansa cerita maupun developer game. Alih-alih hanya sekadar klik dan klik, gameplay sederhana ini dimanfaatkan cukup kompleks hingga membuat pemain berfikir untuk bermain.

Matchmaker Agency merupakan game dimana pemain berperan sebagai konsultan cinta, mirip seperti acara Take me Out ataupun hal serupa lainnya. Premise cerita sederhana, dimana pemain mewarisi Agency milik kakek-neneknya yang sudah tiada, dan berusaha membangkitkan usaha tersebut.

Prolog demo dibuka dengan artstyle yang ciamik, dimana menjelaskan latar belakang usaha agensi percintaan milik kakek nenek mc yang dimana pada akhirnya diwariskan kepada cucunya, dengan harapan bisa mengembalikan usaha yang terbengkalai itu.

Secara tujuan sederhana, pemain disuruh untuk bekerja sebagai agensi percintaan, dimana harus menganalisa dan menentukan kriteria client untuk menjadi sebuah pasangan. Selain itu pemain juga harus menentukan bagaimana proses kencan berjalan dan melakukan manajemen uang perusahaan, karena selain investasi juga dalam cerita perusahaan ini memiliki hutang yang harus diselesaikan dalam satu tahun.

Gameplay berjalan 1 minggu setiap sesi selesai. Ada 3 sesi yang bisa dilakukan, pertama melakukan marketing untuk mendapatkan client, interview client untuk mengetahui karakteristiknya, dan melakukan kencan untuk calon pasangan yang siap untuk dijodohkan.

Karena mengambil pasar Barat juga, tidak heran bilamana game ini mengandung unsur LGBTQ+, meskipun begitu hal tersebut tidak terlalu diperlihatkan secara gamblang. Desain yang ditawarkan pun tidak terlalu berlebihan, dan orientasi yang dijabarkan hanya sekadar untuk mencocokkan pasangan.

Terlihat solid, namun masih ada fitur yang dibatasi mengingat ini versi demo. Namun secara garis besar, ini game berhasil menawarkan pengalaman sebagai biro jodoh, belum bisa menilai sebagaimana kompleks dalam berperan sebagai pekerja, karena diberikan 3 tingkat kesulitan (easy, medium, hard) belum ada yang membedakan secara signifikan.

Matchmaker Agency Demo sudah bisa dicoba via Steam. Belum ada informasi perihal tanggal rilis pasti, satu hal yang pasti game ini cukup ringan untuk dinikmati.

Komentar

comments powered by Disqus